7 Tips Maksimalkan Kinerja Android kalian

Posted by Arsyad 32 on Minggu, 28 Desember 2014

Ram memang salah satu komponen terpenting yang harus ada di android, karena ram berperan besar dalam kinerja android, semakin luas ruang Ram maka semakin cepat kinerja android tsb, dan terkadang kita sebagai pengguna android merasa Ram yang ada di Android selalu penuh dan membuat android kita menjadi lag.


Nah sebenarnya Ram penuh itu karna kita salah dalam penggunaannya. oleh sebab itu saya kasih tips memaksimalkan kinerja Ram android:
1.Sediakan Memory Bebas 30%
Di perangkat Android, kapasitas RAM yang sekarang banyak beredar adalah 1 GB. Harap diingat free-RAM tidak akan dapat 1 GB. Karena akan digunakan untuk sistem aplikasi. Batas maksimal agar tidak lemot adalah 30%. Artinya sediakan memori bebas sekitar 250 MB agar perangkat Android kamu tidak lag.

2. Install Aplikasi Seperlunya
Untuk yang dibawah 1 GB (misalnya 512 MB), gunakan aplikasi secukupnya. Jangan install aplikasi messenger/ sosial media di semua perangkat. Dan jangan mau ikut-ikutan coba. Pilih salah satu untuk terkoneksi dengan semua kontak teman WhatsApp bisa jadi pilihan utama. BBM bisa menjadi alternatif, lakukan force stop aplikasi. Lalu buka untuk melakukan pengecekan pesan yang masuk.

3. Browser sebagai alternatif
Minim RAM bukan berarti gak bisa eksis. Kamu dapat menggunakan browser untuk mengunjungi jejaring sosial seperti Facebook tanpa harus menginstall aplikasinya.

4. Gunakan Opera Mini, UC Browser Mini
Kedua browser ini irit penggunaan RAM. Dibandingkan dengan Chrome ataupun Mozilla FireFox.

5. Smart Launcher pilihan smart.
untuk kalian yang punya android dengan Ram minim (misal 512mb) tapi ingin mengubah launcher defaultnya disarankan menggunakan Smart Launcher, Launcher ini bisa dibilang sebagai launcher paling ringan dibandingkan yang lain misal Go launcher ataupun Nova launcher.  

6. Install aplikasi untuk memaksimalkan RAM.
Aplikasi dengan fungsi root menjadi pilihan. Berikut adalah aplikasi yang bisa mengurangi penggunaan dan memaksimal RAM, dibawah ini aplikasi yang membutuhkan Root:

*Titanium Backup & Link2SD kedua aplikasi ini bisa freeze aplikasi yang tidak perlu. Freeze aplikasi sistem lebih aman dibandingkan harus meng-uninstall-nya.
*Greenify Hibernasi aplikasi yang berjalan sebagai background. Bedanya dengan freeze, aplikasi masih bisa digunakan.
*Seeder mengurangi lag di perangkat Android.
*LagFix memperbaiki blok di internal memori melalui tool fstrim.
*RAM Booster lupakan task killer. Lebih baik gunakan aplikasi ini untuk managemen RAM yang lebih baik.

7. Lihat penggunaan RAM di Android
Kamu bisa melalui settings > Apps > Manage App > geser ke kanan hingga ke bagian Running. Kamu dapat melihat penggunaa RAM dari aplikasi yang ada di perangkat.

Nah, mungkin cukup itu saja tips memaksimalkan kinerja android semoga bisa membantu kalian semua.............
thank to sumber

Blog, Updated at: 17.29

0 komentar:

Posting Komentar